Kyoritsu merupakan lembaga pemberi beasiswa bagi pelajar yang ingin bersekolah di sekolah bahasa jepang (di Jepang tentunya). Jenis beasiswanya berupa potongan yang akan diberikan kepada penerima beasiswa sebesar ¥60.000/bulan atau setara kurang lebih Rp8.000.000,-

Jumlah penerima beasiswa di setiap negara itu berbeda-beda. Kalau di Indonesia, maksimal hanya 2 orang saja. Beasiswa ini diberikan selama 1 tahun, dimulai dari April tahun depan setelah penerima dinyatakan lulus seleksi.

Syarat untuk mengikuti beasiswa ini tergolong sangat mudah. Hanya saja, semua dokumen yang diberikan dalam bahasa jepang, dan kita WAJIB mengisinya dengan bahasa jepang juga.

Flyer Kyoritsu

Nah, aku kemarin daftar untuk yang keberangkatan tahun 2020 sesuai flyer.

Pertama-tama, yang pasti aku buka dulu webnya, cek dan baca baca lagi tentang beasiswanya. Setelah itu, aku isi form perndaftaran yang ada di webnya. Ohiya, web pendaftarannya baru bisa di akses setelah pendaftarannya dibuka ya!

Tahun ini, pendaftaran dibuka pada tanggal 17 Juni 2019 – 27 Juli 2019.

Di form pendaftaran, kalian akan diminta mengisi data diri dan
meng-upload foto beserta KTP. Setelah form selesai diisi, kalian akan menerima email yang isinya alamat web untuk men-download  formulir resminya. Jangan sampe panik kayak aku ya soalnya Webnya cuma bisa diakses 1 kali, jadi pastikan setelah dibuka, langsung di download yaa!

Gini Emailnya

Isi formnya standar sih, biodata diri tapi lebih lengkap rinci, sama essay. Essaynya WAJIB pakai bahasa jepang. Tema essaynya (pas aku) itu kenapa pengen sekolah di jepang sama rencana setelah lulus dari sekolah bahasa jepang (masing-masing 200 huruf). Yaaa, standar essay lah yaaa.. Nulisnya aja yang ga standar hadeuhh..

Setelah berhasil submit formulir, bakal ada email konfirmasi lagi dari pihak kyoritsunya. Cepet banget diresponnya hahaha, 10 menit aja ga sampe.

EITS tapi jangan seneng dulu. Dokumen masih harus masuk tahap seleksi terlebih dahulu selama kurang lebih 2 minggu. Setelah itu, baru deh dapet undangan bahwa dokumen lulus seleksi dan bisa ikut wawancara. Rada PHP sih emang kalo nggak lulus seleksi, soalnya di email sebelumnya kayak udah menjamin banget gitukan langsung ikut wawancara :”)

Setelah kalian terkonfismasi lulus seleksi, tempat – waktu dan perlengkapan yang dibutuhkan saat wawancara akan diberitahukan lebih detail.

Sebenernya, aku daftar kyoritsu ini untuk backup-plan kalau Beasiswa yang aku daftar tahun ini di tolak, atau ada kendala. Alhamdulillah, Plan A ku berjalan dengan baik.. Hehehe.. Jadi aku nggak lanjut (dateng) sampai tahap wawancara.

Tapi, dari yang aku denger dan baca, teknis wawancaranya itu perkelompok gitu. Nanti akan dibagi kelompok, kemudian akan diberi kesempatan berbicara satu-satu. Wawancaranya langsung di nilai oleh pihak kyoritsu dari Jepang, tapi jangan khawatir. Ada penerjemahnya kok

Setelah semua orang selesai diwawancara, kalian akan di minta menunggu beberapa saat, karena pengumuman penerima akan diumumkan langsung saat itu juga.

Okedeh sekian!