Halo semua!

Akhirnya tiba juga saatnya, selamat datang di blog-ku~ Perkenalan lengkapnya, bisa kalian baca dulu disini >>2019.

Sebagai pembuka, aku bikin QnA session aja ya.. Hoho

Ok. Gpp. 🙂 yang kepo silahkan lanjut baca, yang nggak kepo pergi aja pergi yaudaah~

Lagian kamu mah tiap mau aku traktir nolak terus. Eh malah traktir balik mulu. Kapan saya punya kesempatan mentraktir anda kalau begitu?

Tergantung jurusannya apa, kalau international program biasanya ada syarat toefl dan ielts. kalau bukan international program, biasanya syaratnya JLPT (Japanese language Proficiency Test) N3 ke atas.

Bikiin, ada mapnya, ada rundownnya, ada emergency number, alamat kedutaan gitu.. Di print di kertas A3 trus dibagiin, masing-masing peserta punya 1.

Pertama, harus niat. Niatnya harus mantep ga boleh goyah. Nah kalau udah punya niat dan tujuan, coba mulai cari-cari info. Bisa tentang negara yang mau dikunjungi, penyusunan rundown, visa, segala macem. Trus udah deh, mulai disusun satu-satu. Pokoknya harus banyak baca biar nggak ada miskom dan punya banyak refrensi. Hehe..

Banyak nyoba ini dan itu, terus cobain banyak hal baru. Banyak ketemu orang, banyak berkegiatan. Nanti bakal kerasa dan ketemu sendiri, passionnya dimana, suka dimana, bisanya apa, bakatnya apa~ Gitu aja sih kayaknya. wk

Taunihh, gimana ya 🙁 Aku juga belum jago. Masih perlu banyak belajar. Kalau aku sih, yang paling berpengaruh buatku itu jam terbang dan sering latihan. Inget banget dulu aku tuh namanya dipanggil suruh kedepan aja sampe keringet dingin. Awalnya emang gugup banget, sampe nge-blank gitu setiap mau bicara didepan umum. Tapi, karena udh terbiasa jadi nggak se-me-negang-kan itu lagi kook (Tetep aja deg degan wkwk). Yukk kita banyak-banyak latihan.

Oke, jadi gini..Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyain.

“Yaya kuliahnya jurusan apa?” “Kuliah dimana?” “Ambil jurusan apa?”

Gini guys.. Aku ini belum kuliah. Beasiswa yang aku ambil adalah beasiswa sekolah bahasa. Jadi, kalau di jepang itu, lumayan sedikit univ yang ada program internationalnya, sehingga, bahasa yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah bahasa Jepang. Untuk masuk ke universitas ‘Jepang’ dibutuh kemampuan bahasa setingkat N2. ( urutannya N5 (rendah) – N1 (tinggi) )

Nah, biasanya, kemampuan se-tinggi itu, akan sulit didapatkan kalau belajar sendiri di negara masing-masing (co/ aku di Indo gt) Makanya, banyak lembaga (pemerintah maupun pribadi) yang membuat sekolah bahasa. Dengan mengikuti sekolah bahasa (1-1,5 tahun) kita jadi punya batu loncatan yang mempermudah jalan menuju universitas. Begitu kita-kira. Jadi, kalau ditanya aku sekarang ngapain, “aku belum kuliah, masih sekolah bahasa dullu 1 tahun” begitchuuuuuuu

Monmaap, denger dari mana ya?

Wkwk – Tapi bener, kok. Utara agak timur laut. Tepatnya di Higashikawa, Hokkaido.

Ujung dunia banget kan:’) *Lebay

Nama sekolahnya apa ? Namanya Higashikawa Japanese language school atau Bahasa Jepangnya “Higashikawa choritsu higashikawa nihongo gakkou

Tampak depan sekolahnya, kayak asrama ya?

InsyaAllah tanggal 24 Sept besook.. Doain yaa, lancar sampai disana, flightnya ngga ada delay~

Awal awal tuh senenggg banget parah. Yagimana gak seneng kan ya, setelah penantian sekian lamaa-lamaa-lamaaa, akhirnya alhamdulillah bisa keterima. Sampe visa keluar, nah itu baru mulai deg degan geli geli gitu. Trus jadwal sekolah keluar, makin nambah lagi. Makin hari makin deket ketanggal keberangkatan makin deg degan, campuran antara excited dan takut, nervous juga :v APALAGI pas udah beli tiket pesawat, waah tiba tiba jadi makin campur aduk lagi udh kyk nasi campur. EH besok berangkat, lah kok jadi sedihhh gitu..

Mmmmm.. Mungkin.. Panggilan alam hati?

Semuanyaaa 🙁 Gimana dong..

? serah.

Huhuhu aku kangen semua orang kayaknya. Rasanya pengen ketemu semuanya dulu sebelum berangkat ?

Hehe.. Terimakasih sudah menyimak hingga akhiir.. Semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang melayang-layang dibenak kalian semua ya. HAHAHA apasih yay.

Mohon maaf yaa, kalau ada pertanyaan yang nggak terjawab. Boleh kok kalau mau ditanyain ulang dikomen.

Terimakasih, see u! ?