Oke, cerita belum berakhir gaes. Mari kita lanjutkan.

Setelah 22 jam perjalanan dilalui, sampe rasanya mabok naik pesawat, akhirnya sampai juga kita di Narita International airport – Tokyo. Sampai bandara itu sekitar jam 7 malem, setelah ambil bagasi, beli makan , imigrasi, dan hal hal lainnya, kita lanjut beli tiket bus untuk ke Tokyo sekitar jam 9an gitu.

Keluarlah kita, para makhluk +62 yang terbiasa hidup ditempat panas menuju halte his yang terletak di luar bandara. Baru sampe gerbang aja dinginnya beeuuhhhhhhh. Mantep??

Setelah kedinginan diperjalanan, akhirnya sampailah kita di rumah yang sudah kita book sebelumnya (Airbnb gitu gaes). Waktu itu sekitar jam 12 malem gitu. Bayangin aja, dengan keadaan abis perjalanan jauh, dingin pula, belum lagi capek, siapa sih yang nggak mendambakan tidur dengan kasur empuk yang hangat. Yakan?

Tapi ..

Tapi… Realita tak semulus itu gaes. Percayalah, malam pertama kita disitu heaternya malah ga bisa nyala!  DINGIN BET WOY!!! #ngegas

Aku udh kontak orang yg punya rumahnya, tapi karena udh malem, jadi dia juga slow res.. Terpaksa lah malam itu kita tidur dalam keadaan kedinginan:(

Udah coba segala cara, pake gugel translet, pake aplikasi pembaca kanji, bahkan aku bisa baca kanjinya tapi itu heater ga mau nyala. Semua tombolyang ada disitu udah aku pencetin satu satu. Bahkan peserta pun nyobain mencetin semua tombol satu satu. Ngaruh? Sayangnya nggak. okesip sungguh cobaan yang berat:”

Trus yaudahlah dengan pasrah aku tiduran dikasur.

Bluugh *jatohin diri ke Kasur

“Apaan nih keras keras?”

Eh ga sengaja, remotenya kegencet (?) sama aku . Pas ku lihat ke arah heaternya, tetiba dia nyala. Hmmmm..

Sejak saat itu gaada yang berani nyentuh lagi itu remote. Dan sampe pulang pun kita gaada yang tau cara nyalainnya gimana. Mungkin emang harus digencet kali y ( ._.)

Remote misterius yang bersejarah 🙂

Efek tragedi menggemparkan semalam, alhasil kita semua telat bangun keesokan harinya. Padahal aku udah Booking yukata jam 9.30, dan waktu itu, udah jam 8 tapi boro boro mau berangkat, mandi aja belom kayaknya.

Karena ada anak-anak, atau mungkin memang usia peserta yang berbeda jauh, aku nggak mengira pergerakannya akan selambat ini. Akhirnya, sampailah kita di tempat yukatanya JAM 10.30. HELP

Awalnya aku sempat panik karena takut harus booking ulang, tapi Alhamdulillah-nya, mba mbanya baik. Mba mbanya bilang, ada slot kosong nanti jam 12.00. Jadi kita bisa mulai pakai yukata jam 12.00. Alhamdulillah banget.

Jam 12.00 kita mulai pakai yukatanya dan keliling asakusa. Sisa harinya menyenangkan sihh.. Seru seru~

Enaknya kalau bawa emak emak adalah.. Bisa makan puas #ditraktir HAHA

Kulupa ini namanya apa, tapi ini enak luar biasa. Enak luar dan dalam

Dingin dingin tuhkan, sambil nyobain berbagai macam makanan yang ada di Asakusa. Kesel di awal ilang juga akhirnya. Meskipun pas malemnya di kamar, pas mau memejamkan mata rasanya “ Oke yay, Semangat yay, ini baru day 1. Masih ada 4 hari ke depan”

Besoknya, pagi pagi kita berangkat ke Nikko Yumoto Ski Resort buat main salju. Alhamdulillah hari ini aku sudah terbiasa sama ritmenya, jadi semua berjalan sangat lancar dan menyenangkan.

Singkat cerita, setelah 5 hari 4 Malam di Jepang *kalo ga salah itung* akhirnya tiba waktunya kita kembali ke Indonesia. Kali ini, kita pulang dari Haneda bukan Narita.

Dari Tokyo, kita naik MRT (?) ke Haneda international Airport. Nah.. Nah.. setelah sekian hari perjalanan terasa lancar – menyenangkan – aman sehat sentosa, hari ini ada kejadian aneh lagi gaes. Bisa gasih kejadian anehnya tolong ditahan dulu, ini kita mau pulang dengan lancar dulu bisa ga? Plis lah, lelah hamba. Coba aja kalo bisa ngomong gitu sama kejadian anehnya:v

Kita lagi duduk duduk sambal ngobrol asik di dalem MRT, sampai ada suara “International Terminal”. Awalanya masih agak ga sadar sampai aku mikir, “apa tadi katanya?”

Ku amati sekeliling, nyari papan tanda petunjuk, kemudian aku baca “International Terminal”

Fix panic, dengan segala koper berserakan, ku bilang ke yang lain “Ayo turun disini semuanyaa” Beberapa orang yang sigap, bisa keluar MRT dan aku salah satunya. Dan yang terjadi adalah, sebagian orang masih ada di dalem MRT dan pintu ditutup.

Wuush – kereta melesat ke domestic flight. Mamam.

Setelah berjuang dalam ketidaktahuan dengan komunikasi yang cukup terbatas, akhirnya kita bisa bersatu lagi. Bagaikan itik bertemu induknya, seneng bukan main. Setelah istirahat dan menenangkan hati sejenak, kita mulai check-in. Alhamdulillah sampai Indonesia dengan selamat.

Ini kenapa ya aku ceritain bagian konyolnya semua? Aku juga ga tau :’) padahal sebenernya bagian seru dan asiknya jauh lebih banyak, tapi semoga dengan menceritakan sedikit kisah ini, kekonyolan – ke anehan yang terjadi padaku bisa jadi pembelajaran buat kalian yang mau jalan ke luar negri. Selalu teliti, dan perhatian sama lingkungan sekitar. Hidup emang nggak bisa di prediksi, apa yang akan terjadi sepenuhnya kuasa Allah. Tapi kita bisa mempersiapkan diri agar selalu siap dalam segala kondisi.