Kali ini aku mau share pengalaman aku pakai yukata di Tokyo, tepatnya di Asakusa.

Sebelumnya, udah  pada tau kah yukata itu apa?
Yukata merupakan baju tradisional khas Jepang. Yang bajunya motif motif dan lengannya panjang itu lhoo kayak gini  Yakin sih kalian mah udah pada tau yakan yakan?

Bedanya yukata sama kimono itu apa sih?
Yukata itu lebih simple, dan cuma 2 lapis, luaran yang motifnya itu, sama kain lapisan putih di dalemnya.. Yukata biasanya dipakai untuk ke festival festival atau jalan jalan..
Nah kalau kimono, biasanya buat acara formal, bajunya juga lumayan ribet berlapis lapis gituu, bahannya juga nggak seadem yukata.

April 2018 kemarin, aku dan teman teman pergi backpackeran ke Jepang. Ke Tokyo dan Osaka.
Mumpung lagi di Jepang, sayang banget kan kalau kita nggak nyobain pakai baju adatnya? Makanya kita berencana sewa yukata biar ngerasain gimana rasa pakai yukata ala ala gituu.. Biar nggak liat di J-Drama atau anime doaang.
Sebenernya di Indonesia juga banyak penyewaan yukata buat yang ngebet pengen cobain pakai yukata, tapi pasti feelsnya beda ya kan? 

Nah berhubung kita semua perempuan dan berhijab semua, awalnya aku sempet ragu, ada nggak ya penyewaan yukata yang mau nerima orang berhijab. Setelah berselancar dalam internet, akhirnya aku menemukan web penyewaan yukata yang muslim friendly! Seneng banget, kita dikasih tempat buat sholat juga, udah gitu murah banget dibanding web lain..

Kalian bisa cek disini –> https://kyotokimono-rental.com

Dia punya cabang banyak banget, ada di Tokyo sama Kyoto.. Kebetulan kemarin kita pilih yang di Tokyo cabang Asakusa. Asakusa terkenal sebegai daerah di Tokyo yang masih kental banget budayanya, banyak kuil dan tempat tempat bersejarah yang bisa kita kunjungi. Cocok banget kan! Akhirnya kita memilih pakai yukata dan mengitari Asakusa seharian!

Ohiya enaknya juga, di tempat penyewaan yang ini, dia nyewain yukata untuk 1 hari.. mulai dari tokonya buka sampai tokonya tutup.. jadi enak banget kita bisa jalan jalan nggak diburu buru sama waktu~ tokonya itu buka dari jam 10.00 sampai jam 17.00. Bisa dipakai keluar dari Asakusa juga. Jadi worth it banget, puas banget. Pelayanannya juga oke banget. Aku highly highly recommended this one #VirusSuhaySalim

__


Jam 8.30 kita berangkat dari hostel. Hostel kita letaknya di Akihabara. Cuma 1 kali naik kereta kalau mau ke Asakusa. Kita sampai di Asakusa jam 9.30. Tempat penyewaannya stategis banget, deket banget dari Stasiun Asakusa jadi kita tinggal jalan kaki deh. Yaa, meskipun pas kita kesana juga sempat nyasar sih gegara salah belok hehehe..
Dari tempat penyewaannya ke Sensoji Temple juga lumayan deket. Sensoji Temple merupakan kuil terkenal yang wajib kalian kunjungi kalau lagi main ke Asakusa.

Kita sampai di tokonya pas jam 10.00. Setelah ngasih bukti pembayaran, kita bakal ditunjukin koleksi yukatanya. Disitu kita bisa milih sendiri, mau yukata yang mana dan motif apa. Macem macem banget motif dan warnanya. Mulai dari putih sampai hitam, dari yang sepi sesepi hati ini sampe yang full of motif *apasih.. Rasanya pengen dipake semua gaes.

Setelah selesai memilih, kita akan di antar ke tempat ganti. Kita akan dipakaikan yukata sama mbak mbaknya. Pertama lapisan awalnya yang putih tipis itu, trus dikasih iketan di pinggang. Abis itu yukatanya, trus perut kalian bakal diteken sambil diiketin pakai obi. Parah sih itu. Auto ga bisa napas hahaha ngetat bangeettt. Kayak pakai korset gitu lhoo.
Setelah selesai pakai yukata, kalian bakal dipinjemin tas buat dibawa jalan, namanya kinchaku. Ohiya, berhubung kinchaku itu tas kecil, paling cuma cukup bawa passport sama dompet aja gaes. Tapi kalian gausah khawatir, karena ada fasilitas penitipan barang-barang gratis. InysaAllah aman kok. Yakali kan cantik cantik pakai yukata tapi bawa gembolan? wkwk.
Abis itu, kalian juga bakal dipinjemin geta (sandal kayu) dan kaus kakinya.
Keluar dari tempat gantinya, aku langsung ngerasa jadi cewe beneran gaes, feminim bin anggun, lucu banget HAHA

Ohiya karena yukata kan “ngepres” gitu di badan, cuaca yang tadinya 13 derajat jadi nggak kerasa terlalu dingin lho! Malah enak buat jalan. Nggak panas nggak dingin.

Setelah selesai dandan, dimulailah perjalanan kita mengelilingi Asakusa dengan yukata excited banget!!

Destinasi pertama, kita ke Kaminarimon Gate. Gerbang terbesar dan tertua, dengan warnanya yang merah menyala, ditambah di tengahnya tergantung lampion besar bikin kita gak bisa berpaling. Bagus banget. Baru juga sampai di depan Kaminarimon Gate, tiba tiba ada segerombolan ibu ibu yang nyapa.

“Dari Indonesia ya? Waah lucu banget pakai yukata..”

“Sewa yukatanya dimana?” Dan sebagainya. Terus kita juga diminta foto sama ibu-ibunya. Jadi berasa famous #alah

Di depan kaminarimon, rame parah

Setelah melewati Kaminarimon Gate, ada jalan namanya Nakamise Dori. Ini jalanan yang bakal ngebawa kalian sampai ke pelatarannya Sensoji Temple. Isinya jajanan trasional khas Jepang, toko souvenir dan pernak pernik khas Jepang, pokoknya segala sesuatu yang berbau tradisional ada deh disini. Disini juga banyak kejadian unik yang kita alami.
Mungkin karena dari sekian banyak manusia disitu, cuma kita yang pakai hijab dan beryukata, jadi banyak yang ngeliatin dan minta foto. Ini bukan kegeeran serius deh.
Contohnya, pas aku lagi mau beli eskrim, tiba tiba ada pasangan bule yang minta foto sama kita. Dia bilang kita super cute. Wkwk jadi malu :3

Tampak belakang aja lucu

Pas kita lagi ngumpul buat makan makan juga banyak orang lewat yang foto foto kita. 70% ku yakin mereka nyesel fotoin aku candid soalnya aku pasti komuk HAHAHAHA. Bahkan nih ya, pas kita di templenya, ada kakek nenek muji muji kita lho. Mujinya pakai Bahasa Jepang lagi.  Alhamdulillahnya aku ngerti. Kan jadi bisa terbang dipuji orang Jepang (ya meskipun kakek nenek sih)

Karena kita kesana pas musim semi, di depan sensoji templenya juga banyak kedai makanan gitu yang buka. Makanannya beragam banget,mulai dari takoyaki – okonomiyaki sampai segala macem seafood (rebus dan bakar).

Kalau kesini pas lagi winter, kedai kedai tadi nggak ada gaes. Tutup semua. Padahal kan enak ya dingin dingin makan gurita bakar gituu hmm~